Selasa, 15 Juli 2014

Semarang, Juli 2014




hello gaissshhh lama tak menulis blog nih hiks..  aku mau kasi informasi tentang beasiswa DATA (www.beasiswadataprint.com) PRINT, dan alasan kenapa aku milih DATA PRINT, baca blog aku dulu ya ;*

Pertama aku mau bahas tentang jurusan aku dulu Planologi, atau nama resminya Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. jurusan ini belajar tentang perkotaan, pedesaan dan wilayah. Substansi yang dibahas mulai dari aktivitas wilayah kota, penggunaan lahan, aspek sosial, hukum, ekonomi wilayah dan kota, morfologi fisik kota, teori yang pastinya, best practice kota dan desa yang berkembang baik dan sebagainya. itu secara garis besar aja gais,, outpunya kita akan dapat merencakan suatu kawasan, kota, desa, ataupun wilayah dengan materi-materi yang didapatkan dari perkuliahan.
tugasnya macem macem, aku ceritain secara garis besar ya,

Semester 1ya tugas masih seputar tugas ospek senior yang melatih kita untuk team work karena semua tugas besar di Plano itu kelompokan. 

Semester 2 kita udah disuru bikin peta bentang alam, peta geologi, peta rawan bencana dan sebagainya dengan observasi lapangan dan analisis yang tebelnya nyampe 200 halaman lho gaiss.
semester 2 kita juga diajarin caranya proyeksi penduduk, diajarin juga teknik komunikasi yang baik, agar bisa menjadi pemimpin yang baik.

semseter 3 kita mulai  belajar yang namanya perencanaan wilayah dan kota secara lebih intensif, belajar tetang lokasi dan pola ruang, belajar proses perencanaan dan sebagainya. tugasnya? jangan ditanya makin tua semester makin berat . hiks

semester 4 kita ada yang namanya STUDIO, dimana kita harus menginap di perdesaan terpencil dan kita harus mempelajari aktivitas yang ada disana dan pendukungnya, kita dituntut untuk merencanakan yang terbaik demi perkembangan desa tersebut. perkembangan tidak hanya dalam hal kesejahteraan, tapi menganut SUSTAINABLE DEVELOPMENT dimana mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan yang berjalan bersamaan. dalam semster ini juga ada mata kuliah Transportasi. kita dituntut untuk dapat menganalisis dan mencari solusi dari masalah praktis transportasi di Indonesia.

semester 5 ada STUDIO lagi, tapi kita udah ga main desa tapi kita main dengan Kabupaten yang jauh lebih luas dan lebih kompleks permasalahannya. wakti itu kelompokku dapet Kab. Gunungkidul yang terkenal kekeringan, kemiskinan, dan keterbelakangan. kita diharusnya mencari solusi dari itu semua. tapi di semester ini ada mata kuliah PROPERTY. nah mata kuliah ini enak kita jalan -jalan ke real estate di Indonesia, waktu itu saya ke Ciputra Land SUrabaya yang terkenal CIty of Singaporenya itu.

semester 6 STUDIOnya lebih ke tema, waktu itu saya dapat pengembangan pariwisata berkelanjutan di pesisir Kabupaten Demak, studio kali ini lebih detail kita diharuskan MERANCANG suatu kawasan sampai pembiayaannya. pada studio ini produk kita berikan kepada Bappeda Kab Demak, jika mereka stuju maka dapat diimplementasikan. semester 6 semester paling berat. karena studionya bisa bikin ga tidur 3-4 hari berturut2 lho, tapi enak kita bisa deket sama temen-temen, oops dapet cinlok juga lhoo

semester 7 mulai longgar karena kita disuru untuk fokus dalam merancang tugas akhir / skripsi. di semester ini mata kuliah Teori Perencanaan, Evaluasi Perencanaan dan Partisipasi MAsyarakat menjadi poinnya karena tugasnya ringan tapi laporannya behh tebel2. bisa kali satu semester ini habis 2RIM kertas a4 untuk laporan.

Semester 8 fokus untuk Kuliah Kerja Nyata, Mengerjakan Tugas Akhir dan Kerja Praktek. semester akhir namun sadis beratnya. ditambah pada semester ini saya juga mengikuti program Magister Pembangunan Wilayah dan Kota. pada semester ini anak-anak yang ikut program FastTrack atau kuliah smt 8 sambil kuliah smt 1 s2 ini banyak yang jatuh sakit. saya sempat masuk rumah sakit karena makan tidak teratur. dan semester ini saya sudah menghabiskan 6 RIM kertas untuk ngeprit. 
kebayang kan hari-hari saya tiada hari tanpa pegang laptop dan ngeprint


nahh sekarang udah tau kan kalo teknik khususnya Planologi selain harus kuat mental, kuat fisik, kuat otak, kita juga dituntut kuat dalam materi finansial. karena apa karena semua tugas menuntur kita untuk berkembang. seperti studio menginap di kota lain, desa lain, ngeprint tugas yang dalam 1 semester bisa habis 6 RIM, ngeprint Peta yang besarnya 2x2 meter tiap semesternya (agak lebai) ahhahaha.. tapi serius finansial bener2 harus kuat untuk di manage dengan baik, apalagi untuk anak perantauan.
untuk urusan ngeprint saya sudah lama pake printer sendirii HP Dekset 2400, nah berhubung harga catridgenya mahal sekali sedangkan saya intensitas ngeprintnya banyak saya make DATA PRINT aja buat suntik injeksi catridge aku. udah 4 tahun make ini alhamdulillah lancar jaya dan tidak berpaling ke merek lain. alhamdulillah semua tugas yang di print pake data print mendapatkan nilai maksimal, dan saya mendapatkan IPK 3,55 untuk ukuran anak teknik itu udah sangat besar heheheh.. 

dengan adanya beasiswa DATA PRINT yang saya dapatkan infonya dari kemasannya, maka saya berniat untuk mengikuti programnya  dan menginformasikan kepada kalian semua karena jika dapat akan sangat membantu finansial kita dalam hal mengerjakan tugas. 

beasiswa ini bisa di ikuti siapa saja .. khususnya konsumen DATA PRINT. dengan klik informasinya disini www.beasiswadataprint.com atau dapat mengunjungi www.dataprint.co.id .

 



tunggu apa lagi ayo semuanya daftar kesempatannya sangat banyak sekali lho gais :*
see you soon in the next posting ~

dsypermatasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar